Home All. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 21 November 2007

Buku Komik “Fungsi Terumbu Karang dalam Tsunami” untuk Anak-anak SD di Bantul


Memasuki tahun ajaran baru, Yayasan Reef Check Indonesia memenuhi janjinya membagikan buku tulis dengan sisipan cerita komik “Fungsi Terumbu Karang dalam Tsunami” kepada anak-anak korban gempa di Jogjakarta. Buku komik ini memberikan informasi mengenai pentingnya terumbu karang dan ekosistem pesisir dalam mengurangi dampak tsunami kepada anak-anak di Indonesia.


Sebanyak 5910 buku dibagikan langsung kepada anak-anak di 41 SD di Kecamatan Pundong dan Kretek, dua daerah yang mengalami rusak parah akibat gempa 27 Mei 2006 lalu, serta satu kelompok taman bacaan anak-anak di Kabupaten Sleman.


Dua kelompok unit selam dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Atmajaya (UAJY) turut membantu YRCI dalam kegiatan bagi-bagi buku, termasuk menyiapkan workshop refreshment untuk para pendamping dan jumpa pers yang berlangsung pada 8-10 Agustus 2007. Dukungan terhadap kegiatan ini juga datang dari Via-Via Restaurant and Travel dan Milas, Jogjakarta, yang berninisiatif ikut membagikan 750 buku komik kepada sekolah binaan mereka di Jogjakarta.


Upacara seremonial pembagian buku dilakukan di 4 SD, yaitu SD Pundong I dan SD Seyegan di Kecamatan Pundong, serta SD I dan SD II Parangtritis, Kecamatan Kretek.


Wajah-wajah ceria anak-anak terpancar saat tim Reef Check bersama Unit Selam UGM dan UAJY datang membagikan buku komik tersebut. Mereka  sangat antusias hingga tidak sabar mendapatkan buku bergambar karang, mangrove, dan ikan-ikan berwarna-warni tersebut. Setiap anak mendapatkan satu buku yang selain berisi cerita komik, dapat juga dimanfaatkan sebagai buku tulis. “Semoga buku komik ini bermanfaat bagi anak-anak dan mereka dapat memahami tentang fungsi terumbu karang dalam tsunami,” ungkap Kepala Sekolah SDN Pundong 1, Bantul saat menyambut kami pagi itu.


Penerbitan perdana buku komik ini adalah hasil sumbangan anak-anak Bali melalui penjualan lukisan anak-anak dalam pameran yang diselenggarakan Yayasan Reef Check Indonesia bekerja sama dengan Mercure Resort Sanur-Bali, 24 Juni - 24 Agustus 2006.


Pameran dilakukan sebagai wujud kepedulian anak-anak Bali terhadap anak-anak Jogjakarta yang mengalami bencana gempa pada 27 Mei 2006. Lukisannya sendiri  merupakan hasil karya pemenang Lomba Melukis Anak-anak tingkat TK & SD  se-Bali dalam menyambut Hari Bumi 2006, dengan tema “Pantai dan Laut Sumber Kehidupanku” yang diselenggarakan Reef Check Indonesia bekerja sama dengan Panitia Hari Bumi di Pantai Mertasari, 23 April 2006 lalu.


Dukungan dana tambahan kemudian datang dari beberapa lembaga, seperti WWF-Indonesia, KEHATI, dan Yayasan Pembangunan Berkelanjutan (YPB) sehingga cetakan perdana buku komik berjumlah 10.100 eksemplar terlaksana.


Telah menjadi komitmen YRCI untuk mengenalkan buku komik “Fungsi Terumbu Karang dalam Tsunami” kepada anak-anak Indonesia lainnya. Karena itu, pencetakan buku komik ini tidak akan berhenti sampai di sini. YRCI akan terus menggalang dana dengan mengajak berbagai pihak, baik lembaga swasta, pemerintah, maupun perorangan, dalam pencetakan berikutnya. Harapannya, anak-anak Indonesia, terutama yang tinggal di kawasan pesisir dan rawan bencana gempa dan tsunami, dapat memiliki buku komik ini.


Program Reef Check ke depan akan mempunyai banyak fokus pada anak-anak untuk bersama belajar dan membangun pemikiran dan aktivitas konservasi sejak dini. Buku pendidikan lingkungan anak, aktivitas liburan untuk anak, program pergi ke sekolah, adalah beberapa dari agenda Reef Check ke depan untuk anak-anak.