Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner
Home All. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 04 Oktober 2007

Reef Check Survey di Sorowako


Yayasan Reef Check Indonesia bersama tim Reef Indonesia 2007: National Geographic Indonesia, Pemkab Luwu Timur, PT Inco Sorowako, Sorowako Diving Club (SDC), Ody Dive, Trans 7, SCTV, RCTI, Kompas, dan ReefCheckers dari Jakarta dan Sorowako, melakukan Reef Check survey di Mangkasa Point, Kabupaten Luwu Timur, 26-29 Oktober 2007.

Sebelum survey, 19 penyelam telah lebih dulu disertifikasi RC EcoDiver oleh Ody Dive, salah satu Reef Check Certified Facility di Indonesia. Penyelam-penyelam ini berasal dari Jakarta, termasuk Nadine Candrawinata, Miss Indonesia 2005 dan juga penyelam dari Sorowako. “Saya cinta laut dan saya ingin orang lain juga cinta laut,” ungkap Nadine kepada media usai melakukan survey. “Menyelam itu menyenangkan,” tambah Medina Kamil, presenter Trans 7 yang menjadi buddy Nadine.

Hasil survey menunjukkan persentase tutupan karang keras (Hard Coral/HC) secara mengejutkan cukup baik, yaitu 58%, lebih tinggi dibandingkan rata-rata persentase HC selama 10 tahun RC survey di Indonesia. Namun, jumlah ikan dan invertebrata rendah. SDC sebagai klub selam setempat sangat tertarik melakukan survey berikutnya untuk mendapatkan data dan informasi yang lebih baik dan juga berinisiatif membuat sebuah proyek rehabilitasi.

Sementara itu tiga TV swasta nasional (Trans 7, SCTV dan RCTI) serta koran terkemuka Kompas ikut serta dalam kegiatan ini untuk berita dan liputan khusus.

Hal terpenting dari kegiatan ini adalah spirit bekerja bersama untuk mengangkat kesadaran dan keterlibatan dalam gerakan konservasi. Bupati Luwu Timur bahkan menunjukkan dukungannya dengan menyelam langsung untuk pertama kalinya.

Kami masih akan melakukan survey di tempat-tempat lain tahun ini. Hubungi kami atau NGI untuk keterlibatan Anda.

Penulis: Naneng Setiasih@Reef Check Indonesia 2007

Foto : Naneng Setiasih dan Salim/National Geographic Indonesia